//
you're reading...
Kesehatan umum

Cara Hidup Sehat

Mempunyai tubuh yang sehat merupakan modal dasar bagi setiap orang untuk mecapai tujuan hidupnya namun siapa yang mau kalau apa yang menjadi tujuan hidup atau apa yang dicita-citakan tidak berhasil karena memiliki tubuh yang tidak sehat . maka dari itu tanamkanlah sejak dini pada diri anda bagaimana memiliki tubuh yang sehat . dengan menerapakan cara hidup sehatdi bawah ini saya yakin dan percaya bahwa anda akan memiliki jasmani dan rohani yang sehat . berikut tpisnya

1.  Minum air putih 8 gelas setiap hari

Kebutuhan air minum tiap orang memang berbeda, bisa saja jumlah itu cukup buat seseorang tapi kurang atau kelebihan bagi yang lain.namun usahakanlah anda minun airputih sedikitnya 8 gelas perhari ,mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. adapun mamfaat lain dari air putih diantaranya :
• Mencegah bau badan yang tidak sedap karena efektif membersihkan racun dari tubuh.

• Membuat tubuh jadi fit.

• Membantu meningkatkan sistem ketahanan tubuh untuk melawan virus yang masuk.

• Mencegah tubuh dari rasa lelah dan stress.

• Bikin rambut sehat, indah, dan tidak kusam.

• Wajah bebas jerawat dan noda dan terlihat lebih segar.

• Mencegah timbulnya kerutan di wajah.

• Menyalurkan gizi yang dibutuhkan tubuh ke otot dan tulang.

2.  Makan makanan yang bergizi

Makanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan karena dari makanan manusia mendapatkan sumber tenaga atau kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu perlu diperhatikan jenis dan mutu makanan yang layak untuk dikonsumsi yaitu:

  • Makanan tinggi serat
  • Rendah lemak
  • Makanan yang mengandung gizi seimbang

Makanan tinggi serat

Makanan yang kita konsumsi ada yang mengandung serat sedikit dan adapula yang banyak. Secara umum makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan semuanya mengandung serat dalam jumlah yang bervariasi sedangkan makanan hewani tidak mengandung serat.

Serat makanan termasuk golongan karbohidrat, namun tidak akan mengalami proses pencernaan di usus sehingga akan dikeluarkan dari tubuh melalui kotoran saat buang air besar . Serat ada dua macam yaitu serat yang larut dan serat yang tidak larut. Kelarutan yang dimaksud di sini adalah kelarutan dalam air. Serat yang larut cenderung meningkatkan kekentalan cairan usus (bisa membentuk gel seperti kalau anda memasukkan agar-agar ke dalam air dan memanaskannya sedikit) sementara serat yang tidak larut akan membuat kotoran menjadi lembek dan mudah dikeluarkan.Karena karakteristik inilah, berbagai mamfaat  bisa didapatkan dari serat makanan.untuk kesehatan yang optimal kita dianjurkan mengkonsumsi serat yang cukup tiap hari yaitu sebanyak 25-35 gram sehari.

Makanan tinggi serat banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, padi-padian, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Makana rendah lemak
Di dalam makanan terdapat 3 macam lemak yakni:

Saturated  (lemak jenuh)
Lemak ini terdapat di makanan seperti kuning telur, jerohan, dan otak sapi. Sebaiknya makanan seperti ini harus di hindari.

Monounsaturated (lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal)
Lemak ini terdapat di makanan seperti udang dan kepiting. Makanan ini termasuk boleh di konsumsi dengan jumlah yang terbatas.

Poliunsaturated (lemak tak jenuh ganda)
Lemak ini terdapat di makanan seperti ikan yang berasal dari laut dalam (tenggiri dan tuna) yang mengandung minyak tak jenuh ganda serta omega 3. Makanan seperti ini hendaknya banyak dikonsumsi, karena dapat membantu menaikkan HDL kolesterol (kolesterol baik ) dan menurunkan LDL kolesterol (kolesterol jahat).

Idealnya, konsumsi makanan kita mengandung lemak dibawah 30 %, karbohidrat 50-60% dan protein 20%. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan berkolesterol sampai lebih dari 300 mg setiap hari

Jikapun anda harus mengkomsumsi makanan berlemak diatas anda harus mengubah cara memasak bahan makanan dari yang digoreng menjadi dibakar atau dikukus saja (ikan bakar/ikan kukus, daging panggang/sate atau sop tanpa tambahan minyak goreng). Sebaiknya komsumsilah makanan jenis sayuran , buah, kacang-kacangan untuk menghindari makanan yang berlemak.

Makanan yang mengandung gizi seimbang

Adalah makanan beraneka ragam yang dikonsumsi dalam satu hari yang mengandunmg zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Zat tenaga berasal dari karbohidrat dan lemak. Sumber karbohidrat: beras, sagu, jagung, ubi, singkong, roti, sukun, gula murni, dan padanannya.

Zat pembangun dari protein. Sumber protein hewani: daging, ikan, ayam, hati, telur, susu, dan hasil olahannya. Sumber protein nabati: tempe, tahu, kacang-kacangan dan padanannya.

Zat pengatur dari vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral banyak pada sayuran dan buah-buahan.

Namun anda harus tau cara sehat untuk mengkomsumsi jenis makanan gizi seimbang ini seperti yang dijelaskan diatas

3.  Berolah raga secara teratur

Laungkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga seperti jalan santai, jogging atuapun senam agar tubuh tetap dalam keadaan fit, dengan melakukan olahraga secara teratur ini saja anda sudah bisa menerapkan pola hidup sehat apalagi kalau anda bisa menerapkan tips yang sudah anda abaca diatas. Olahraga memang banyak sekali mamfaatnya :

1. Meningkatkan kemampuan otak
Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.
2. Membantu menunda proses penuaan
Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.
3. Mengurangi stres
Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.
4. Menaikkan daya tahan tubuh
Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.
5. Memperbaiki kepercayaan diri
Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa.
Untuk itu untuk anda yang saat ini mungkin merasa kurang dalam berolahraga segera ubah gaya hidup anda untuk mulai memasukkan menu olahraga dalam jadwal harian anda. Apalagi untuk anda seorang perokok, porsi olahraganya harus lebih tinggi karena tentu saja dengan merokok kadar toksik dalam tubuh anda lebih tinggi dan anda butuh lebih banyak olahraga untuk mengeluarkan toksik tersebut dan menhindarkan diri dari bahaya merokok.

4.  Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang salah satunya dapat memicu penebalan atau penyempitan pembuluh darah. Rokok mengandung nikotin yang memacu pengeluaran zat-zat seperti Adrenalin, yang merangsang peningkatan denyut jantung dan tekanan darah Rokok juga mengandung karbon mono-oksida (CO) yang memiliki kemampuan jauh lebih kuat daripada sel darah merah (hemoglobin) untuk mengikat oksigen. CO menurunkan kapasitas sel darah merah membawa oksigen ke jaringan-jaringan termasuk jantung. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi penderita penyakit jantung koroner, karena pembuluh darahnya sudah terdapat plak dengan aliran darah yang sudah sangat berkurang. Selain itu ada banyak penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok diantaranya :

· Kerontokan rambut

· Katarak ( pandangan kabur )

· Karies gigi

· Kulit keriput

· Hilangnya pendengaran

· Osteoporosis

· Emphysema

· Kanker paru, hidung, mulut, Kandung kemih, anus, payudara, kulit dan uterus

· Jari-jari menghitam dan pembesaran ujung jari

· Kulit kemerahan / bersisik

Lihatlah berapa banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok maka dari itu matikan rokok anda atau anda dimatikan oleh rokok

5.  Periksa kesehatan secara rutin

Sudah menjadi suatu kebiasaan di negara kita, bahwa umumnya orang2 tidak akan pergi ke dokter atau public health service apabila tidak merasakan keluhan apa-apa pada kesehatannya. Bisa dibilang hal ini memang sudah menjadi budaya di masyarakat kita.

  • Berbeda sekali dengan di negara maju dimana masyarakatnya sudah menjadikan hal ini sebagai gaya hidup, mereka tidak ragu mengalokasikan sekian persen dari pendapatannya secara khusus untuk pemeriksaan kesehatan rutin dan hal tersebut dilakukan secara teratur walaupun tidak ada keluhan kesehatan yang berarti.

Apa yang membedakan?
Penyebabnya adalah :
1. Kesadaran akan pentingnya nilai kesehatan itu yang belum ada di masyarakat kita dan belum menjadi prioritas.
2. Umumnya orang baru merasa membutuhkan dokter apabila sudah ada keluhan dan merasa dirinya sakit.
3. Belum lagi alasan ekonomi yang selalu menjadi juara.
4. Ada juga yang takut periksa, nantinya akan ketahuan banyak penyakitnya dan membuat stres.
5. Kenapa harus menghamburkan uang untuk periksa kesehatan padahal tidak sakit? Lebih baik uangnya untuk membeli ini itu dan sebagainya.
Padahal tanpa kesehatan, segalanya menjadi tidak berarti apa-apa karena kita menjadi tidak dapat melakukan apa-apa.
Semakin bertambah umur kita, fungsi organ-organ tubuh kita juga semakin menurun hal ini karena kondisi sel-sel tubuh kita semakin menua.
Kondisi kesehatan masing-masing orang berbeda karena daya tahan tubuh setiap orang dan gaya hidup masing-masing tidak sama.
Bagaimana kita bisa mengetahui apakah kondisi tubuhnya kita fit atau tidak untuk tetap dapat menjalankan kehidupan ? Tentu kita tidak bisa mengukurnya hanya dari diri kita sendiri yang merasa tidak ada keluhan dan merasa tidak ada bagian dari tubuh kita yang terasa sakit. Karena banyak penyakit yang tidak menampakkan gejala apapun pada awalnya dan ternyata saat terdeteksi sudah terlambat dan menjadi sulit disembuhkan.
Inilah pentingnya kita melakukan periksa kesehatan secara rutin, karena banyak penyakit serius yang apabila terdeteksi secara dini, ternyata pengobatannya menjadi sangat mudah dan tentu jauh lebih murah dibandingkan apabila kita mengetahuinya saat penyakit sudah pada tingkat lanjut.

6.  Berpikir positif

Kita sudah ketahui bahwa begitu besar pikiran terhadap fisik kita . Dalam dunia medis hal ini disebut sebagai psikoneuroimunologi. Sebagai contoh : saat kita melihat sesuatu yang menjijikkan mungkin kita akan merasa mual dan muntah, hal ini bukan berarti mual dan muntah karena lambung yang sakit, namun karena pikiran negatif kita mempengaruhi lambung sehingga timbul rasa mual dan muntah. Begitu juga saat kita melihat sesuatu yang menakutkan mungkin jantung kita akan berdebar-debar atau mungkin juga sampai pingsan, hal ini juga bukan karena fungsi jantung yang tidak normal, namun lebih pada pikiran negatif kita yang mempengaruhi fungsi jantung. Saya mau bilang di sini bahwa begitu besar pikiran negatif mempengaruhi fungsi organ kita, Nah begitu juga dengan pikiran positif akan membantu jantung dan lambung anda untuk lebih rileks. dari penjelasan diatas maka sudah bisa kita ketahui dengan berpikir yang positif maka secara tidak langsung kita sudah mampu mencegah timbulnya penyakit di tubuh kita

Dari ke enam pola hidup sehat diatas jika anda mampu menerapkan semuanya dengan baik dan benar sudah pasti anda akan mempunyai tubuh yang sehat serta rohani yang sehat.

Categories: Info kesehatan

About geovanisimatupang123

telusuri saja orang ya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: