//
you're reading...
Kesehatan umum

PENYAKIT INSOMNIA

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Dalam penelitiannya dilaporkan bahwa sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius.

Ini adalah salah satu penyakit yang banyak mempengaruhi generasi muda di kalangan remaja. Mungkin teman – teman masih ada yang masih bingung apa itu “penyakit insomnia”. Insomnia yaitu penyakit susah untuk tidur. Hal tersebut sekarang sangat banyak mempengaruhi para remaja khusus nya pelajar yang mempunyai jadwal masuk sekolah siang. Dikatakan banyak orang yang terkena penyakit ini yang termasuk sederhana dan ternyata juga kita alami termasuk saya sendiri tanpa kita sadari selama ini. Karena saat ini saya kuliah semester pertama dan saya saat ini merasa sudah sulit untuk tidur di bawah jam 10 malam. Dan juga saat ini saya sudah sulit untuk membuka mata bahkan mengedipkan mata saya di bawah jam 7 pagi.

Akibat nya saya merasa belajar saya menjadi kurang efektif lagi dan kurang bergairah lagi. Tanda – tanda yang dapat kita lihat secara nyata yaitu timbul lingkaran berwarna agak hitam ke abu-abuan di sekitar lengkungan kelopak mata kita. Mungkin teman – teman mulai sekarang dapat menghitung sendiri jadwal tidur malam dan bangun pagi anda ???semoga teman – teman dapat mencegah terkena nya penyakit yang tergolong sederhana ini, “insomnia” ………. Atur lah jadwal bermain, belajar, ataupun bekerja agar jangan sampai mengundur dan menggangu waktu istirahat anda  dan jadwal bangun anda semoga ini dapat membantu teman – teman semua.

Setelah kita bahas sekejap tentang INSOMNIA marilah  berikut ini akan diperjelas tentang PENGERTIAN PENYAKIT INSOMNIA ini.

 

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.

Dengan waktu tidur yang cukup maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam. Normalnya manusia tidur pada saat malam hari hingga pagi hari, namun tidak jarang ada orang yang bisa tidur dari siang sampai malam hari karena tuntutan pekerjaan atau karena sudah terbiasa.

Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

 

A. Arti definisi / pengertian Tidur dan Insomnia :

– Tidur adalah merupakan suatu kondisi istirahat alami yang dialami oleh manusia dan hewan-hewan lainnya yang sangat penting untuk kesehatan.

– Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang memiliki gejala lesu sepanjang hari karena kekurangan waktu tidur. Umumnya penderita insomnia akan sulit tidur jika terbangun di malam hari.

 

B. Kegunaan atau fungsi dari Tidur yang cukup :

1. Regenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru.
2. Memperlancar produksi hormon pertumbuhan tubuh.
3. Mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.
5. Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik.

C. Fase / Tahapan Tidur Seseorang :

1. Awal
2. Non rapid eyes movement (non-rem)
3. Rapid Eyes Movement (rem)
4. Dream Sleep

 

D. Jenis-jenis / Macam-macam Gangguan Tidur / Insomnia :

1. Insomnia transient yang bersifat sementara
2. Insomnia jangka pendek yang dapat berlangsung selama beberapa minggu
3. Insomnia kronis yang dapat diderita selama lebih dari tiga minggu

 

Beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :

  • Masalah psikis yang terganggu. Walaupun dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia. Ini mungkin dikarenakan semakin bertambah tua biasanya orang bertambah stres.
  • Memiliki penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.
  • Lingkungan tempat tinggal yang memang menganggu. (tetangga ribut, lampu menyala)
  • Mempunyai kebiasaan buruk seperti minuman keras, kopi menjelang tidur dsb.
  • Menggunakan ranjang untuk kegiatan lain seperti bekerja, membaca buku. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Supaya kalau tidur bawaannya ya ngantuk bukannya insomnia.
  • Dan ada sebuah kabar burung bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit insomnia ini dibanding pria.

 

E. Sebab / Penyebab Penyakit Insomnia Pada Manusia :

 

1. Faktor fisik seperti karena sedang sakit pilek, asma, sinus, dan lain-lain.

2. Faktor lingkungan yaitu seperti adanya aroma tidak sedap, polusi suara yang bising,

asap, lingkungan sosial yang sedang tidak aman.

3. Faktor gaya hidup tidak sehat seperti akibat rokok, minuman keras, obat kuat, dsb.

4. Faktor psikologis yaitu seperti stres yang terus-menerus.

5. Faktor prikiatris akibat rasa depresi yang dialami seseorang.

 

 

Penyebab Insomnia :

1. Faktor Psikologi :

Stres yang berkepanjangan paling sering menjadi penyabab dari Insomnia jenis kronis, sedangkan berita-berita buruk gagal rencana dapat menjadi penyebab insonia transient.

2. Problem Psikiatri

Depresi paling sering ditemukan. Kamu bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak kamu ingini, adalah gejala paling umum dari awal depresi , Cemas ,Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.

3. Sakit Fisik

Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur. Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat di tanggulangi dengan baik ,gangguan tidur atau sulit tidur akan dapat tetap dapat terjadi.

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

5. Gaya Hidup

Alkohol , rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.

 

Cara Mengatasi Insomnia atau susah tidur

  • Karena stres dapat menyebabkan insomnia soba baca artikel bintang yang terdahulu tentang cara mengatasi stres.
  • Mandi air hangat sebelum tidur sebelum tidur
  • Melakukan hal yang dapat membuat kamu berkonsentrasi secara berulang seperti menghidung domba, menghitung angka dari 1 sampai 10.000. Lakukan itu dalam keadaan terpejam
  • Mendengarkan musik yang tenang atau mendengarkan radio.
  • Hindari makan dan minum (terutama kopi) dalam jumlah banyak sebelum tidur. Tapi disarankan makan makanan ringan yang mengandug sedikit karbohidrat.
  • Tidurlah dalam keadaan lingkungan nyaman. Matikan lampu! Hilangkan suara yang mengganggu
  • Belajarlah untuk tidur dalam waktu yang teratur. dsb

 

Cara Mengatasi & Menyembuhkan Insomnia / Penyakit Sulit Tidur :

1. Menjalani pola hidup sehat misalnya tidak merokok, tidak begadang, tidak memakai    narkoba, tidak minum alkohol, dll.
2. Memiliki jadwal tidur yang cukup dan normal.
3. Memilih lingkungan yang tenang, sehat dan nyaman untuk tidur.
4. Berolah raga secara rutin dan teratur.
5. Makan secara teratur, sehat dan cukup agar selama tidur tidak lapar.
6. Hindari minum terlalu banyak minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh,

 

Kiat atau Cara mengatasi insomnia ialah :

  1. berolah raga,paling sedikit dua atau tiga kali seminggu.
  2. Biasakan diri tidur pada waktu yang tetap setiap malam,begitu pula saat bangun pagi.
  3. Makan atau minumlah sesuatu ,tetapi jangan minuman keras,sebelum kita tidur.
  4. Usahakan agar ruangan tidur anda sangat gelap.
  5. mendengar musik-musik ringan saat hendak tidur.
  6. jangan melihat jam lagi ,apabila sudah masuk ue tempat tidur.dengan begitu kita merasa masih punya banyak waktu untuk tidur dan merasa rileks.
  7. yakinkan diri sendiri bahwa anda akan merasa segar keesok harinya,dan tidak peduli bisa tidur lama atau tidak
  8. ” yang paling terpenting janganlah masalah insomania ini dijadikan pikiran,jalani hidup kita seperti biasanya”
  9. jauhi makanan pemicunya.kafein dalam kopi dan coklat juga merupakan salah satu pemicunya walau sedikit karena dapat membuat terus terjaga.
  10. konsumsi makanan yang lebih ringan sebab jika perut yang terlalu kenyang dapat menyebabkan anda terjaga dari tidur.
  11. jangan juga anda tidur dalam keadaan perut kosong.hindari makanan pedas atau bergas tinggi.jangan meminum alkhol terlebih ditengah malam.
  12. Kurangi suara yang tidak menyenangkan, kurangi cahaya yang tidak diperlukan
  13. angan tidur pada saat kondisi sedang lapar, hal ini dapat membuat terbangun nantinya hanya karena ingin mencari makanan.
  14. Percayakanlah waktu bangun pada alarm jam.Dengan sering melihat jam dikamar akan mempengaruhi reaksi emosi.
  15. Hilangkan segala kecemasan, pikiran tentang rencana besok, pikiran tentang tugas yang belum selesai.

 

 

 

About geovanisimatupang123

telusuri saja orang ya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: